021 2237 9620 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Mendaftarkan merek dagang memang tidak diwajibkan oleh pemerintah

Tahukah anda pentingnya mendaftarkan merek dagang ? Seperti yang telah anda ketahui secara umum, merek dagang merupakan hal yang penting dibuat untuk memasarkan produk barang atau jasa anda secara luas. Orang akan lebih mengingat produk barang atau jasa anda ketika anda membuat merek dagang menjadi unik dan menarik. Membuat merek dagang yang unik dan menarik tentunya tidak mudah, diperlukan kreatifitas yang tinggi dan pemikiran yang panjang.

Mendaftarkan merek dagang memang tidak diwajibkan oleh pemerintah

Hal inilah yang terkadang membuat adanya plagiat atau peniru terhadap merek dagang tertentu. Merek dagang juga merupakan strategi marketing dari suatu produk. Ketika suatu produk telah dikenal masyarakat dalam merek tertentu, maka produk tersebut akan dipercaya oleh masyarakat. Anda dapat dengan mudah membuat serangkaian promosi atau acara tertentu yang membuat produk dengan merek dagang tertentu lebih terkenal di masyarakat. Mendaftarkan merek dagang memang tidak diwajibkan oleh pemerintah kepada setiap pengusaha.

Namun, ketika merek dagang anda telah terdaftar, maka anda melindungi merek dagang anda dari tindak peniruan atau plagiatisme yang dapat merugikan usaha anda. Jika ada pengusaha lain yang menggunakan merek dagang anda, anda bisa meminta royalti kepada mereka. Sebelum mereka menggunakan merek dagang anda, mereka juga harus meminta izin terhadap anda ketika merek dagang anda sudah terdaftar. Merek dagang yang sudah terdaftar juga melindungi anda agar tidak ada orang lain yang lebih dulu mendaftarkan merek dagang yang akan anda pakai.

Mendaftarkan merek dagang memang tidak diwajibkan

Apabila terdapat pihak atau pengusaha lain yang memakai dan mendaftarkan merek dagang, maka anda harus mengganti merek dagang yang anda pakai, atau anda harus membayar royalti ke pihak tersebut. Merek dagang yang terdaftar juga merupakan salah satu bukti bahwa anda percaya usaha anda akan sukses dan menjadi usaha yang menjanjikan. Merek dagang juga dapat dimiliki oleh individu secara perseorangan maupun oleh badan hukum bergantung pada siapa yang mengajukan.

Hal ini mempertimbangkan mengenai suatu bisnis usaha yang dapat dimiliki oleh perseorangan maupun merupakan gabungan dari beberapa orang dalam suatu organisasi. Terdapat juga merek dagang yang merupakan representasi dari suatu badan usaha namun dimiliki oleh satu orang. Apabila merek dagang dimiliki secara sekelompok yang terdiri dari beberapa orang, maka orang-orang tersebut akan memiliki hak yang sama terhadap kepemilikan merek dagang dan royalti.

Hal ini biasa ditemukan pada organisasi dalam bentuk Perseroan Terbatas atau PT. Merek dagang akan menjadi aset usaha pada PT kemudian pembayaran royalti dibayarkan pada saat Perseroan Terbatas tersebut melakukan bisnis dalam bentuk franchise.

Bagikan :
There are currently no comments.

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.